Yang sering dibahas adalah SEO
atau Search Engine Optimization. Sebuah langkah dengan tujuan untuk membuat
sebuah halaman website masuk pada page rank pertama dan tertinggi pada layanan
mesin pencari khususnya Google Search. Lalu bagaimana dengan SEM atau Search
Engine Marketing? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang baru mendengar
istilah ini. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Perbedaan SEO dan
SEM.
1. SEO (Search Engine
Optimization)
Sebenarnya
secara esensial, SEO atau Search Engine Optimization termasuk ke dalam bagian
Search Engine Marketing. SEO di sini berperan untuk menaikkan
peringkat sebuah website di halaman mesin pencari melalui pencarian
organik; yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di dalam website
Anda.
Kemudian di
dalam SEO ada 2 komponen, yaitu On-Page Optimization. On-page SEO (atau
on-site SEO) adalah semua pengaturan yang Anda aplikasikan langsung pada situs
atau blog Anda agar lebih ramah mesin pencari. dan Off-Page
Optimization.Off-page SEO lebih mengarah kepada aktifitas promosi yang terjadi
di luar website Anda yang bertujuan untuk mengangkat reputasi situs Anda di
mesin pencari. Sederhananya.
SEO yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar
memanfaatkan penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin
berada diatas dan pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk
ke situs tersebut. Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan,
baik yang membawa pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO
yang sebenarnya tidak membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.
2. SEM (Search Engine Marketing)
Seperti SEO atau Search Engine
Marketing juga digunakan sebagai strategi untuk mempromosikan situs Anda
dengan meningkatkan visibility pada hasil mesin mencari melalui optimasi dan
periklanan. Ini merupakan sebuah bentuk
strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan
website pada halaman hasil mesin pencari (SERPS) berbayar memanfaatkan
penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi
berbayar.
SEM sendiri memiliki keunggulan dalam mendatangkan trafik ke situs
Anda dengan instan, sedangkan untuk SEO perlu waktu lama agar peringkat website
Anda bisa naik. Jika Anda ingin mempromosikan sebuah situs yang baru
diluncurkan, SEM dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Anda. Namun, untuk
jangka panjang, implementasi SEO yang baik dapat membantu kredibilitas
situs Anda dengan biaya yang lebih sedikit tentunya.
Jadi SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. Perusahaan layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.
0 Komentar untuk "Perbedaan SEO dan SEM"