Perbedaan SEO dan SEM

Yang sering dibahas adalah SEO atau Search Engine Optimization. Sebuah langkah dengan tujuan untuk membuat sebuah halaman website masuk pada page rank pertama dan tertinggi pada layanan mesin pencari khususnya Google Search. Lalu bagaimana dengan SEM atau Search Engine Marketing? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang baru mendengar istilah ini. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Perbedaan SEO dan SEM.



1. SEO (Search Engine Optimization)


Sebenarnya secara esensial, SEO atau Search Engine Optimization termasuk ke dalam bagian Search Engine Marketing. SEO di sini berperan untuk menaikkan peringkat sebuah website di halaman mesin pencari melalui pencarian organik; yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di dalam website Anda. 


Kemudian di dalam SEO ada 2 komponen, yaitu On-Page Optimization. On-page SEO (atau on-site SEO) adalah semua pengaturan yang Anda aplikasikan langsung pada situs atau blog Anda agar lebih ramah mesin pencari.  dan Off-Page Optimization.Off-page SEO lebih mengarah kepada aktifitas promosi yang terjadi di luar website Anda yang bertujuan untuk mengangkat reputasi situs Anda di mesin pencari. Sederhananya.


SEO yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.


2. SEM (Search Engine Marketing)


Seperti SEO atau Search Engine Marketing juga digunakan sebagai strategi untuk mempromosikan situs Anda dengan meningkatkan visibility pada hasil mesin mencari melalui optimasi dan periklanan. Ini merupakan sebuah bentuk strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPS) berbayar memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi berbayar.
 
SEM sendiri memiliki keunggulan dalam mendatangkan trafik ke situs Anda dengan instan, sedangkan untuk SEO perlu waktu lama agar peringkat website Anda bisa naik. Jika Anda ingin mempromosikan sebuah situs yang baru diluncurkan, SEM dapat menjadi pilihan yang bagus untuk Anda. Namun, untuk jangka panjang, implementasi SEO yang baik dapat membantu kredibilitas situs Anda dengan biaya yang lebih sedikit tentunya.


Jadi SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. Perusahaan layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.

Related : Perbedaan SEO dan SEM

0 Komentar untuk "Perbedaan SEO dan SEM"