Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Indonesia sangat populer terutama semenjak penelitian mulai membuktikan bahwa daun sirsak dapat memerangi penyakit super berbahaya seperti kanker. Manfaat daun sirsak sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi semenjak muncul penelitian yang mampu mengobati penyakit kanker, maka tak heran jika banyak peneliti yang tertarik untuk meneliti khasiat apa saja yang terdapat pada daun sirsak. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas tentang manfaat dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia. Mari kita baca artikel ini secara seksama.



Beberapa Contoh Manfaat Dari Daun Sirsak Bagi Kesehatan:

1.Mengobati Asam Urat
Mengkonsumsi daun sirsak secara teratur dapat mengobati asam urat hal ini terbukti dengan adanya obat-obatan yang menggunakan daun sirsak dalam membuat obat asam urat untuk cara mengkonsumsinya caranya mudah , anda cukup menggunakan 6-10 lembar daun sirsak yang sudah tua, kemudia merebusnya dengan 2 gelas air mendidih dan sampai tersisa 1 gelas air saja, obat herbal ini bisa di minum sebanyak 2x sehari.

2.Mengobati Diabetes
Manfaat daun sirsak ternyata dapat mengobati penyakit diabetes , hal ini dikarenakan adanya nutrisi dalam ekstrak daun sirsak yang teruji mampu menstabilkan kadar gula pada tubuh manusia dalam kisaran normal, sehingga bisa dijadikan sebagai obat herbal diabetes.

3.Melebarkan Pembuluh Darah Pada Tubuh
Pembuluh darah yang sempit mengakibatkan munculnya penyakit jantung dan stroke yang sangat berbahaya bagi tubuh, namun, tidak perlu khawatir sebab air rebusan daun sirsak memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir sebagaimana mestinya.

4.Mencegah Perkembangan Tumor
Manfaat daun sirsak juga sangat efektif untuk menekan perkembangan tumor, hal tersebut dikarenakan kemampuan daun sirsak yang dapat memerangi perkembangan tumor.

5.Membantu Menurunkan Kolesterol
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah membantu menurunkan kolesterol jahat pada darah manusia, sekedar informasi, kolesterol jahat ini mampu memyebabkan berbagai macam penyakit kronis seperti jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

6.Menghambat Pertumbuhan Bakteri 
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang membahayakan bagi ubuh, oleh karena itu, tak heran jika daun sirsak ini digunakan sebagai obat anti bakterial.

7. Mencegah penuaan 
Daun sirsak memiliki kandungan yang dapat meminimalisir muncuknya kerutan dan keriput secara alami, caranya dengan membalurkan daun sirsak yang telah dihaluskan pada area wajah.

8. Mengobati Sakit Paru-Paru
Manfaat daun sirsak lainnya adalah sebagai obat paru-paru. Daun sirsak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit paru-paru kering maupun basah, selain itu, kandungan antibakterial yang dimilikinya juga mampu menjaga kesehatan paru-paru.

9. Mengatasi Jerawat
Daun sirsak juga memiliki manfaat untuk mengasi jerawat , yaitu dengan cara mengolesi jerawat dengan daun sirsak yang telah di haluskan.

10. Memperlancar Pencernaan

Anda yang mengalami masalah pada pencernaan seperti membelit , bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak agar BAB semakin lancar, selain memperlancar pencernaan, mengkonsumsi ekstrak daun sirsak juga mampu meningkatkan nafsu makan.

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa diobati oleh berbagai obat kimia, namun hal tersebut tentu memberikan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, meminum obat herbal yang terbuat dari air rebusan daun sirsak bisa dijadikan solusi terbaik.

12. Mengobati Bisul
Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah mengobati bisul. Cara penggunaannya cukup mudah, langkah pertama, anda petik beberapa lembar daun sirsak lalu bersihkan, setelah itu ditumbuk atau diblender hingga halus dan balurkan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

13. Membantu Menyehatkan Jantung
Daun sirsak memiliki kandungan yang dapat menyehatkan jantung, caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin sehari sekali.

14. Meredakan Pusing
Manfaat daun sirsak yang lain adalah meredakan pusing yang diakibatkan stres berlebihan, hal tersebut dikarenakan adanya kemampuan daun sirsak yang menjaga kesehatan saraf-saraf terutama pada otak agar selalu stabil dan kuat.

15. Meningkatkan Kesehatan
Bagi anda yang belum juga mendapatkan keturunan, mengkonsumsi air rebusan  daun sirsak bisa dijadikan salah satu solusi. Pada pria, mengkonsumsi ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan jumlah sperma, sementara untuk wanita akan semakin kuat rahimnya.

16. Sebagai Obat Maag
Daun sirsak ini akan menjadi anti peradangan yang dapat mengatasi gejala pada penyakit maag, hal ini dikarenakan daun sirsak mengandung senyawa anti ulceritis yang akan menghambat produksi asam lambung serta akan bekerja melindungi bagian dalam dinding lambung, sekaligus membunuh bakteri yang ada didalamnya.

17. Membantu Menyembuhkan Luka
Daun sirsak mengandung etil asetat yang fungsinya untuk mempercepat penyembuhan pada luka di area kulit, selain itu terdapat pula kandungan antioksidan di dalamnya, cara penggunaannya untuk mengatasi luka yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun sirsak kemudian anda bisa coba meletakkan tumbukan daun sirsak tadi pada bagian yang terluka, kemudian diamkan beberapa saat.

18. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat daun sirsak diperoleh dari kandungan zinc yang mmembantu dalam meningkatkan sistem imun dalam tubuh, selain itu senyawa antioksidan mampu meningkatkan sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme yang bisa mengakibatkan adanya penyakit seperti flu dan demam, cukup minumlah rebusan air sirsak ketika tubuh anda mulai terasa tidak terlalu fit agar tubuh anda segera mendapat perlindungan imun kembali dengan optimal.

19. Sebagai Obat Wasir
Wasir adalah penyakit yang mengakibatkan terjadinya peningkatan pembengkakan pada area anus dan jika wasir  ini semakin parah maka mampu mengakibatkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya, bahkan mungkin hingga mampu mengeluarkan darah. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa yang mampu menghentikan terjadinya pendarahan pada anus, sehingga otot dibagian tersebut menjadi lebih rileks dari sebelumnya dan mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi, cara dengan anda memanfaatkan rebusan daun sirsak untuk diminum secara rutin ketika terasa adanya tanda-tanda penyakit wasir pada tubuh anda

20. Menguurangi Gejala Arthritis
Arthritis adalah suatu gangguan pada persendiaan yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi didalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh, meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.

21. Mencegah Kanker
Daun sirsak mengandung senyawa Annonaceous Acetogenins yang hanya dapat ditemukan pada keluarga tanaman annonaceae. Senyawa tersebut merupakan senyawa fitokimia yang memiliki aktifitas anti kanker. Annonaceous Acetogenins bekerja dalam tubuh dengan membunuh sel kanker dan memicu apoptosis atau yang dikenal dengan mekanisme bunuh diri sel. Secara alami, sel tubuh yang rusak dalam tubuh akan membunuh dirinya sendiri agar tidak mempengaruhi sel lainnya, namun pada kasus penyakit kanker, sel kehilangan kendali dan tidak dapat mengendalikan pembelahannya, tidak hanya membunuh sel kanker, ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

22. Mengobati Malaria
Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk anopheles, angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi di Indonesia dan bila tidak segera ditangani malaria dapat sangat berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak mampu membunuh plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif.

23. Mengobati Jaundice
Ekstrak ethanol yang terkandung dalam daun sirsak atau amuricata memiliki efek positif pada organ hati, senyawa ini mampu melindungi liver atau hati dari racun dan efek radikal bebas. di negara Ghana daun sirsak sudah lama digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan serta mengobati berbagai masalah yang menyerang organ hati, seperti penyakit kuning atau jaundice, yang disebabkan oleh virus hepatitis, penyakit ini menyebabkan kulit dan sclera mata seseorang berwarna kuning akibat tingginya kadar bilirubin dalam darah penderita jaundice.

24. Mengobati Diare
Diare adalah suatu gangguan pencernaan yang ditandai dengan meningkatnya frekuensi buang air besar dan tinja yang cair, penyakit diare ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan menempati peringkat ke-13 penyebab kematian di Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah infeksi parasit seperti bakteri escherischia coli.

25 Mencegah Kerusakan Kulit
Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas, selain itu daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat, senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda pada wajah.

Berikut tadi merupakan beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan, sebelum mengkonsumsi daun sirsak ini sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahlinya sebab setiap orang akan menerima efek yang berbeda-beda apalagi jika mengkonsumsinya secara berlebihan. mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan juga bisa menyebabkan bakteri baik yang ada dalam tubuh ikut mati, demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai penjelasan tentang manfaat daun sirsak bagi kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Related : Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

0 Komentar untuk "Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan"