Info Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN adalah organ ASEAN yang berfungsi meningkatkan koordinasi antar badan ASEAN dan implementasi berbagai kegiatan dan proyek dalam kerangka kerja sama ASEAN. Sekretariat ASEAN dipimpin oleh Sekretaris Jenderal.

Sekretaris Jenderal ASEAN

Sekretaris Jenderal ASEAN periode Januari 2013 - Desember 2017 adalah Le Luong Minh dari Vietnam. Sekretaris Jenderal ASEAN adalah kepala Sekretariat ASEAN yang diangkat oleh Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN untuk periode lima tahun dan dipilih dari warga negara anggota ASEAN berdasarkan rotasi menurut urutan abjad nama negara dalam bahasa Inggris. Sekjen ASEAN periode 2008-2012 adalah Dr Surin Pitsuwan dari Thailand, dan untuk periode 2018-2022 dari Brunei Darussalam.

Tugas Sekretaris Jenderal ASEAN

Sekretaris Jenderal ASEAN bertugas membantu pelaksanaan berbagai kesepakatan/keputusan ASEAN serta memantau dan melaporkan perkembangan capaian ASEAN kepada KTT ASEAN. Selain itu, menyampaikan pandangan dan sikap ASEAN kepada eksternal sesuai pedoman kebijakan dan mandatnya.

Lokasi Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN berada di Jalan Sisingamangaraja Nomor 70A, Jakarta Selatan, Indonesia.


Sesuai dengan persetujuan (Host Country Agreement) antara Pemerintah Indonesia dan ASEAN, Pemerintah Indonesia menyediakan tempat bagi kantor baru Sekretariat ASEAN dengan menghibahkan gedung eks kantor Walikota Jakarta Selatan. Kementerian Luar Negeri telah melaksanakan sayembara desain gedung baru Sekretariat ASEAN dan rancangan pemenang sayembara tersebut diumumkan pada tanggal 23 Desember 2015.

Fungsi Sekretariat ASEAN

Sekretariat ASEAN berfungsi sebagai :
- penghubung antar badan dan komite di ASEAN
- penghubung ASEAN dengan pihak eksternal, termasuk organisasi internasional,
- pendukung pelaksanaan seluruh proyek dan kegiatan ASEAN secara lebih efektif.

Pendanaan Operasional Sekretariat ASEAN

Kegiatan operasional ASEAN dibiayai dari kontribusi setiap negara anggota

Related : Info Sekretariat ASEAN

6 Komentar untuk "Info Sekretariat ASEAN"

Sangat membantu untuk mendapatkan info yang cukup detail 😃 thanks gan .

Sangat membantu untuk mendapatkan info yang cukup detail 😃 thanks gan .

Sangat membantu untuk mendapatkan info yang cukup detail 😃 thanks gan .