6 Tips Menjadi Editor Foto Yang Handal

Sebelum masuk kedalam bahasan tips dan trik untuk menjadi seorang Editor yang handal, kalian perlu mengetahui tentang apa itu Editor. Editor itu adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya untuk melakukan penyelesaian akhir atau Finishing touch.Editor juga bisa dijumpai dalam berbagai bidang pekerjaan. Contohnya adalah Editor sebuah majalah, buku dan Editor film. Untuk Editor yang bekerja dalam sebuah majalah mau pun buku, mereka bekerja untuk menyaring artikel – artikel  yang masuk agar sesuai dengan konten yang ingin dibuat atau diterbitkan.

Berikut ini adalah 6 Tips Menjadi Editor Yang Handal.



1. Paham dan menguasai dengan baik sebuah bahasa dan ejaannya

Saat kamu memeriksa dan mengkaji sebuah karya tulis, kamu tentunya tidak hanya dituntut untuk mengetahui dengan pasti isi dari karya tulis itu tapi juga tau tentang, apakah isi karya tulis sudah ditulis dengan EYD yang baik dan benar.Hal ini bisa didukung jika kamu sering membaca kamus keluaran terbaru dan selalu up to date mengenai bahasa. Sehingga kamu tahu betul bagaimana menyusun kata – kata dalam kalimat dengan benar dan dengan EYD yang baik pula. Selain itu hal ini pun bisa membantu kamu untuk bisa menjadi seorang Editor yang memiliki kualitas dalam hasil editingnya.

2. Peka dan Teliti

Tantangan yang harus dihadapi jika menjadi seorang Editor adalah melatih diri kamu untuk bisa peka dan teliti. Kedua aspek ini menjadi penting mengingat kamu harus membaca keseluruhan sebuah karya tulis. Jika kedua aspek ini kurang dilatih kamu tidak bisa memperhatikan setiap detil dari sebuah karya tulis. Detil dari sebuah karya tulis itu sangatlah penting karena menentukan tingkat akurasi data dan isinya.

3. Mengetahui target pasaran

Ini juga merupakan hal yang perlu kamu ketahui. Sekarang begini kamu sebagai seorang editor di redaksi majalah yang diperuntukan untuk anak – anak TK dan SD. Dalam posisi ini target market kamu adalah anak – anak kecil, jadi kamu dituntut untuk menjaga tata bahasa agar sesuai dengan para pembacanya, yaitu anak TK dan SD.

4. Sering membaca 

Seorang Editor yang bekerja di sebuah redaksi akan bekerja berdampingan dengan penulis. Nama seorang Editor dan penulis pun akan selalu dicantumkan bersamaan pada artikel yang terpilih untuk diterbitkan.Nah, sebagai seorang Editor pun kamu harus memiliki banyak refrensi bacaan, agar kamu bisa menjadi seorang Editor yang memiliki wawasan luas.

5. Update berita terkini

Update tentang berita terkini pun sangat penting ketika kamu menjadi Editor pada sebuah redaksi, hal ini tidak akan sulit kamu dapatkan mengingat sudah canggihnya teknologi saat ini. Untuk menambah pengetahuan kamu tiap harinya tentang berita -  berita terkini, kamu bisa menyempatkan diri untuk membaca koran tiap pagi, menonton acara berita, membaca berita melalui surat kabar online, dan lain-lain.

6. Bekomunikasi dengan penulis

Penulis artikel merupakan rekan kerja kamu, ketika kamu berada di  posisi sebagai seorang Editor, kamu akan disibukan dengan membaca banyak artikel yang telah di kumpulkan. Jika kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan para penulis, kamu sudah bisa mengarahkan mereka sejak awal tentang artikel apa yang diperlukan dan artikel bagaimana yang bagus atau menarik.Dengan begitu otomatis kamu tidak perlu terlalu sibuk untuk merevisi telalu banyak bagian dalam artikel, karena sejak awal kamu sudah memberikan masukan dan saran kepada para penulis.


Demikianlah beberapa 6 tips untuk menjadi Editor handal dalam sebuah redaksi. Menjadi Editor karya tulis dalam sebuah redaksi memiliki pengaruh besar terhadap isi artikel yang akan diterbitkan dan hal ini pun akan mempengaruhi minat para pembaca atau tidak.
Jadi pastikan semua artikel yang lolos untuk diterbitkan memiliki daya tarik dalam berbagai aspek yang diperlukan. 

Related : 6 Tips Menjadi Editor Foto Yang Handal

0 Komentar untuk "6 Tips Menjadi Editor Foto Yang Handal"